Share |

Jumat, 26 Februari 2010

Ilmu adalah amanah

Perbandingan ilmu manusia dan ilmu Allah adalah bagikan setetes air di ujung jari kita berbanding dengan lautan yang luas. Ilmu kita sangatlah kecil dan sedikit bahkan tidak ada apa-apanya bila dibandingakan dengan ilmuNya. Maka adalah sangat rugi bagi mereka yang menyombongkan diri disebabkan karena ilmunya. Ilmu adalah amanah yang diberikanNya kepada kita untuk digunakan demi kemaslahatan orang banyak. Bukan malah untuk digunakan dalam tindak kejahatan. Bila hal tersebut terjadi maka dia telah menyalahi aturan dan kelak akan dimintai pertanggungjawaban atas segala yang dilakukkannya.
Jaman sekarang banyak orang yang menggunakan Ilmunya tidak sebagaimana mestinya. Misalnya menggunakan ilmu pengetahuan untuk membuat Bom yang dapat membunuh banyak orang. Atau seorang yang paham bahasa pemrograman komputer justru digunakan untuk menbobol sistem keamanan komputer atau membuat virus yang bisa merusak jaringan komputer.
Mungkin mereka telah lupa bahwa mereka lahir dalam keadaan telanjang dan tidak mengetahui apa-apa. Kemudian ada yang memberinya pakaian dan mengajarkan kepadanya ilmu pengetahuan. Kini setelah mereka mengetahui ilmu mereka menjadi sombong dan lupa diri. Mustinya mereka mengguanakan ilmu padi yaitu “ Makin berisi makin merunduk” artinya semakin banyak ilmu yang dia dapatkan maka dengan semakin rendah hati.

Tidak ada komentar: