Share |

Jumat, 26 Februari 2010

Etika Penggunaan E-mail

ETIKET PENGGUNAAN E-MAIL

1.Menyertakan nama pribadi atau bisnis
Bila mungkin, buatlah alamat e-mail yang sedekat mungkin dengan nama pribadi atau bisnis. Misalnya, karya_permadi@yahoo.com akan dipandang jauh lebih kredibel dibanding gue_gitu_loh@yahoo.com.
2.Memasukkan topic (subject) e-mail yang tepat dan sesuai isi e-mail
Hal ini memudahkan penerima untuk mengecek e-mail yang terdapat dalam kotak pos.
3.Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar serta bernada sopan dan tidak menyinggung perasaan
Sebaiknya tidak menulis e-mail dengan huruf capital semua karena selain sulit dibaca, terkesan pula berupa teriakan dan kasar.
4.Berhati-hati dalam mengirim data pribadi dan rahasia
Misalnya, surat pribadi atau nomor kartu kredit
5.Menyusun e-mail secara jelas, singkat, dan sesuai konteks
Misalnya, mengirim e-mail ke technical support dengan menjelaskan permasalahan secara singkat, tetapi cukup jelas.

6.Bersabar menanti balasan e-mail
Jangan hanya karena belum menerima balasan dalam waktu 15 menit, lalu kita segera mengirim e-mail kedua dan seterusnya.
7.Menggunakan fitur-fitur ekstra dengan penuh pertimbangan
Misalnya adalah huruf cetak tebal, huruf miring, atau e-mail dalam bentuk HTML. Pastikan bahwa penerima e-mail mendukung fitur-fitur ekstra.

Tidak ada komentar: